Tips Pemasangan Papan ROYALboard
2016-03-22
Tips Aplikasi Papan Silikat untuk Ceiling
2016-03-30

Tips Rumah Tetap Nyaman di Musim Hujan

Dengan cuaca yang kian tak menentu, hujan bisa saja datang tiba-tiba. Kondisi ini membuat kita dituntut lebih waspada terhadap kondisi rumah akibat hujan turun yang lebat atau besarnya tiupan angin. Lalu bagaimana cara yang harus kita lakukan agar rumah tetap nyaman di musim hujan?

1. Periksa kondisi atap rumah, apakah terdapat retakan atau sambungan yang lepas. Bila ada retakan, Anda bisa memberikan waterproof untuk menutup semua retakan yang ada. Bila ada sambungan genteng atau atap fiber semen yang lepas, Anda tinggal menyusun kembali sambungan tersebut agar air hujan tidak bisa masuk dari sela-sela sambungan yang lepas. Lakukan hal ini dua sampai tiga bulan sekali.

2. Selanjutnya, periksa bagian ceiling rumah, apakah ada rembesan yang berasal dari atap rumah. Hindari genangan air yang ada pada dak atas, agar air tidak bisa rembes menuju ceiling. Segera perbaiki atau ganti ceiling rumah bila ada kerusakan. Jika ceiling rusak dan lembab dibiarkan terus menerus, akibatnya akan fatal.

3. Perhatikan sudut kemiringan genteng untuk memaksimalkan kemampuan genteng dalam menghadang air hujan. Pada genteng keramik sudut kemiringan yang dibutuhkan adalah sekitar 30 derajat, sedangkan untuk atap fiber semen butuh sekitar 15 derajat.

4. Teras rumah juga perlu perhatian khusus, untuk melindunginya dari guyuran hujan. Anda dapat menambahkan kanopi dengan ukuran satu meter atau lebih pada teras rumah.


Sumber: accsoleh.wordpress.com

2 Comments

  1. doni says:

    sangat bermanfaat *jempol*

  2. Andrias says:

    Wah info yg bermanfaat.. terimakasih infonya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *