Solusi Lisplang Andalan di Segala Cuaca
2018-04-11
ROYALboard pada IndoBuildTech 2018
2018-06-06

Kayu Rekayasa VS Papan Silika Sebagai Partisi Ruangan

Partisi atau pembatas ruangan sekarang ini menjadi salah satu solusi menciptakan ruangan di area terbatas yang dipilih oleh masyarakat luas. Hal yang dibicarakan dari papan partisi ini ialah mengenai material pembentuk serta ketahanan terhadap berbagai keadaan dan situasi. Bahan atau material pembentuk papan partisi dapat berupa kayu yang telah direkayasa ataupun bahan campuran dari semen dan serat.

Kedua bahan ini memiliki fungsi dan kegunaan yang sama, yaitu sebagai pembatas ataupun sebagai dinding. Selain itu, perawatan pada setiap jenis material yang berbeda ini juga memiliki caranya masing-masing. Daya tahan atau ‘umur’ dari setiap material juga bergantung pada perawatan serta keadaan cuaca. Pada kedua bahan tersebut juga memiliki perbedaan yang tidak akan terlihat secara sekilas. Oleh karena itu, di sini akan dibahas mengenai perbedaan agar Anda semakin jeli dalam memilih material untuk hunian kesayangan Anda.

Papan partisi yang terbuat dari kayu yang telah direkayasa diproduksi dengan cara menekan dan menyatukan potongan tipis kayu sisa yang kemudian disatukan menggunakan damar (getah keras yang berasal dari berbagai macam pohon). Kelemahan dari papan ini adalah rentan terhadap kelembapan, seperti kayu asli. Dari kelembapan tersebut, bahan kayu pada papan tersebut juga mendukung pertumbuhan jamur sehingga membuat penghuni merasa kurang nyaman. Jika Anda memberikan warna menggunakan cat pada papan ini juga dalam jangka waktu tertentu akan mengelupas serta memerlukan pengecatan kembali secara intens dan konstan agar terlihat bagus.

Papan silikat dengan campuran material pasir silika, semen, serta serat selulosa sebagai penguat merupakan salah satu bahan alternatif dari bahan kayu ataupun kayu yang telah direkayasa sebagai papan pembatas. Papan jenis ini dapat diberikan warna ataupun corak yang sesuai dengan keinginan Anda. Pemberian warna ataupun corak pada papan silikat relatif akan berlangsung secara permanen (tidak pudar atau mengelupas).

Papan silikat yang terbuat dari material semen dan serat memiliki kekebalan terhadap udara lembap dan jamur karena bahan pembuat yang tidak mendukung perkembangan jamur. Selain itu, papan silikat ini juga menggunakan teknologi autoclave.

Teknologi ini memungkinkan untuk pengeringan papan sehingga menjadi tahan lama dan tidak rapuh serta muai susut papan yang jauh lebih kecil, seperti yang dilakukan oleh ROYALboard. Papan silikat ROYALboard dapat dibuat sesuai tema yang diinginkan dengan perawatan yang tidak terlalu berlebihan karena material memiliki daya tahan yang tinggi. Selain itu, pemasangan papan silikat juga dapat dilakukan dengan sangat mudah sehingga dapat menghemat berbagai sumber daya. Inilah berbagai keunggulan yang diberikan oleh ROYALboard sebagai salah satu penghasil papan silikat dengan kualitas tinggi.

ROYALboard memungkinkan Anda memiliki hunian yang nyaman sehingga Anda tidak perlu repot untuk selalu melakukan perawatan yang intens terhadap dinding ataupun pembatas ruangan Anda. Dengan demikian, waktu untuk melakukan perawatan dapat Anda gantikan dengan menemani keluarga Anda bersenang-senang atau sekedar melakukan perbincangan santai dalam keadaan yang nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *